All Spanish Final di Liga Champions.

Ah, rasa rasanya kurang kalo gak bahas Liga Champions, dalam benakku.
Maka, kutuangkan beberapa pengetahuan yang aku tahu, dan beberapa source yang sekiranya berguna buat penulisan blog edisi kali ini, judul sudah cukup jelas, maka gak usah jauh jauh untuk bertanya lagi, apa yang akan saya tulis.

SKIP.

Champions League bagi klub di benua biru (Eropa) merupakan gelar musiman yang sangat prestisius, bahkan melebihi memenangkan kejuaraan lokal atau domestik. karena seakan memenangkan piala yang disebut Big Ears (Telinga Besar) seakan menahbiskan klub yang memenangkannya adalah raja di Benua Eropa.

Penahbisan Raja di Benua Biru
Khusus bagi tim yang pernah juara Liga Champions minimal 5 kali tidak berturut-turut atau 3 kali berturut-turut, di lengan baju kiri akan terdapat logo Liga Champions dan tertulis jumlah piala yang dikoleksi. Seperi Ajax misalnya, karena juara pada tahun 1971, 1972 dan 1973 di lengan baju kiri terdapat logo Liga Champions disertai dengan jumlah piala yang didapat.
Tim yang mengenakan logo Champions di lengan yaitu: Real Madrid (juara 10 kali), AC Milan (juara 7 kali), Liverpool dan FC Barcelona (juara 5 kali), Bayern Muenchen (juara 74, 75 dan 76) dan Ajax (juara 71, 72, dan 73)
Dalam 19 musim terakhir, hanya ada satu tim yang berhasil mempertahankan gelar juara Liga Champions (saat itu format dan namanya masih Piala Champions) selama dua musim berturut-turut, yaitu AC Milan yang kala itu masih berpredikat The Dream Team. Namun, setelah diubah formatnya menjadi Liga Champions, belum ada satu timpun yang berhasil mempertahankan gelar juaranya. Milan dan Juventus adalah tim dalam 15 musim terakhir yang berhasil meraih final secara 3 kali berturut-turut. Milan (1993, 1994 (Juara), dan 1995) dan Juventus(1996(Juara), 1997, dan 1998).
Dream Team Squad, dengan Arrigo Sacchi sebagai Pelatihnya
Oke pembahasan seputar UCL sudah, kembali ke topik awal, All Spain di Final Liga Champions, sudah berapa kali?
Jawabannya : 3 Kali dan 2 diantaranya di Awal Abad 20, dan menyajikan Derby Madrid!

yap, aku menemukan sejak digulirkannya Liga Champions hanya 3 kali klub berasal dari spanyol bertemu di Final. Saya akan bahas satu persatu tentang All Spain di kejuaraan ini.

Real Madrid vs Valencia (2000) Juara : Real Madrid

Final Liga Champions UEFA 2000 adalah final pertandingan sepak bola Liga Champions UEFA 1999–2000, yang diselenggarakan pada tanggal 24 Mei 2000, antara Real Madrid melawan Valencia di final ke-8 dalam format Liga Champions UEFA dan ke-44 secara keseluruhan. Pertandingan dimainkan di Stade de France, Saint-Denis, dan dimenangkan oleh Real Madrid dengan skor 3–0.

Pencetak Gol : Fernando Morientes, McManaman,Raul

Real Madrid vs Atletico Madrid (2014) Juara : Real Madrid

Final di Lisbon Portugal, 24 Mei 2014 Lalu, setelah sempat unggul di menit 36 melalui sundulan yang disahkan masuk oleh hakim garis gawang, yang dicetak oleh Diego Godin melalui skema bola mati, Madrid semakin gencar menekan pertahanan Atletico hingga di injury time sundulan dari Sergio Ramos menghilangkan asa pemain Atletico dan Atletico dicukur dengan skor 4-1.

Pencetak Gol : Godin; Sergio Ramos, Gareth Bale, Marcelo, Cristiano Ronaldo (pen.)

Real Madrid vs Atletico Madrid (2016) Juara ?

kembali lolos di pertandingan hidup mati melawan bayern muenchen Atletico kembali ke final meski hanya mampu mencetak satu gol oleh Antoinne Griezmann, dan skor berakhir dengan kekalahan di kubu Rojiblancos tetap melenggangkan jalan mereka ke final, pelatih Muenchen mengatakan bahwa seharusnya muenchen bisa meraih hasil maksimal sayang beberapa kali kesempatan Bavarians digagalkan oleh Oblak yng tampil gemilang.

di kubu El Real, City yang bermain penuh ekstra hati hati akhir tetap takluk oleh gol spekulasi milih Gareth Bale, beberapa kali Joe Hart melakukan penyelamatan gemilang namun tetap saja belum menghasilkan apapun semifinal yang menurut penonton penuh dengan kehati-hatian dari kedua kubu.

Final kedua bagi El Cholo Simeone dan Final Perdana bagi Zinedine Zizou Zidane. bagaimana hasilnya? mungkin di lain waktu akan saya bahas, jika ada waktu dan saya menyempatkan diri untuk menulisnya.

All Hail Spain!

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer